Horas Ma di hita sude Parmatiti Napuran tano-tano rangging marsiranggongan, Badan ta i padao-dao, tondita i marsigomgoman.
 

parmatiti parmatiti Author
Title: Pdt. Rachman Tua Munte
Author: parmatiti
Rating 5 of 5 Des:
BETA HITA MARNATAL TU HUTA NI OMPUNG DISI DO BONA NI PINASANTA Sebelum tiba hari Natal segala sesuatu sudah dipersiapkan. Ayah ibu yang beke...
BETA HITA MARNATAL TU HUTA NI OMPUNG DISI DO BONA NI PINASANTA
Sebelum tiba hari Natal segala sesuatu sudah dipersiapkan. Ayah ibu yang bekerja mengurus Cuti dipadu dgn liburan Natal. Anak-anak yang studi di kota lain, termasuk yang di luar negeri (bila kesempatan ada) ketemu di rumah Ompung saja. Kadang-kadang waktu dapat diperpanjang sampai Tahun Baru. Yang dari luar Jawa naik pesawat saja, yang di Jawa ada naik mobil sambil kunjungi daerah wisata di perjalanan. Transportasi lancar dan longgar, karena arus balik. Harga murah lagi. Cuma kadang ikut bayar tuslah. Ada yang atur ketemu di Hotel saja, yang jauh sebelumnya telah dibooking. Relatif murah dengan diskon biar orang tidak lari ke tempat dingin (yang AC alam) di sana. Mana tahu telah dibooking teman yang pembantunya ikutan mudik manfaatkan libur Natal. Restoran juga jauh-jauh telah dibooking untuk resepsi sekeluarga Pomparan ni Ompung.
Loh di manakah Rumah Ompung Bona Pinasa mereka? Rupanya ada di Jakarta. Ompungnya waktu dolidoli atau na marbaju sudah merantau dan bekerja berjuang dan tinggal di Jakarta. Ayahku Mamaku juga lahir di Jakarta. Menikah di gereja ini. Aku juga dan istriku ini lahir di Jakarta ini. Dan Ompungku yang sangat tua ini (sekitar 80-90 tahun) baik kepadaku sejak kecil. Katanya dulu waktu saya melayani di HKBP Jl. Jenderal Sudirman Jakarta (1999-2004). Pada Natal Tahun 2016 Ompung anak-anaknya yg masih kecil (ada SD, SMP,SMA bahkan sudah di Perguruan Tinggi umumnya sedang studi atau baru tamat), sudah lahir di Jakarta. Bona ni Pinasa atau pun pusok Ompungnya waktu lahir sudah di Klinik Bersalin atau salah satu Rumah Sakit yang ada di Jakarta.
Rupanya Bona Pinasa (huta ni Ompung) orang kita Batak juga sudah ada di Palembang (pengalaman melayani 2008-2012), tentu jauh sebelumnya ada di Pematangsiantar, Medan dan kota-kota lainnya. Di Depok, Banten Tangerang, Bekasi, umumnya Bona Pinasa Ompung masih di Sumatera, bahkan banyak di Sumut dan Tapanuli.
Mari selalu mendoakan kesatuan dalam kebhinnekaan di negara kita agar tetap terbina kerukunan dan toleransi sebagai sesama seBangsa dan seTanah Air. Karena Bona Pasogit atau Bona Pinasa atau ditanamnya Pusok kita sudah ada di Tanah Air Indonesia. Seperti saudara-saudara yang saya layani, di atas, sebelum merdeka RI huta Ompungnya sudah Jakarta dan kota-kota besar yang lain di Indonesia. Selamat Natal dan Selamat Menyongsong serta Memasuki Tahun Baru 2017. RTMunthe.



Tentang Penulis

Boa""

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Top